Kamis, 05 April 2012

Keindahan arwana


 


Keindahan Ikan Arwana
Ikan arwana adalah salah satuikan air tawar yang dipelihara oleh dengan alasan untuk dinikmati keindahannya. Ikan ini ukurannya termasuk agak besar. Keindahannya terletak pada bentuk sisiknya yang mengkilap dan membentuk tekstur-tekstur tertentu yang bisa menimbulkan pesona tersendiri.
Apalagi bila sedang tertimpa cahaya lampu. Ikan ini akan nampak lebih berkilau dan mengeluarkan pendar-pendar cahaya seperti perak yang baru digosok. Meski jenis jenis ikan arwana itu banyak, namun letak keindahan tersebut sama. Yang berbeda adalah warna dari pendar pendar itu yang masing-masing jenis punya ciri khas tersendiri.
Selain keindahan dari bentuk tubuh dan sisik, ikan arwana juga punya keunikan lain. Yaitu gerakan tubuhnya. Bentuk ikan ini panjang dan tulangnya terlihat lentur. Maka ketika melakukan gerakan di air, ikan ini terlihat sangat anggun seperti orang yang sedang menari.
Apalagi ketika dia sedang melakukan aksi berbalik arah. Bentuk tubuhnya akan menjadi seperti selendang yang dibawa bidadari ketika sedang turun ke bumi. Benar-benar sedap di pandang mata. Dan di balik keindahannya, ikan arwana juga memancarkan kegagahan. Ini terlihat dari bentuk kepalanya yang menimbulkan kesan berwibawa, terutama pada arwana yang sudah tumbuh besar.


Jenis Jenis Ikan Arwana

Jenis jenis ikan arwana di dunia itu banyak sekali. Dan Indonesia termasuk negara yang beruntung, karena sebagian besar dari jenis jenis ikan arwana ini hidupnya di perairan negara kita. Diantaranya adalah :
  1. Arwana hijau
    Kebanyakan hidup di daerah Sumatera. Ciri utamanya terletak pada warna siripnya yang sesuai dengan nama yang diberikan , yaitu hijau. Namun bila terkena cahaya, bukan hanya warna hijau saja yang memancar, tapi juga kuning cerah dan putih perak.
  2. Arwana irian
    Seperti namanya jenis jenis ikan arwana ini banyak di temukan di daerah Irian atau pulau Papua. Keistimewaannya terletak pada bintik yang berwarna merah di bagian sisik yang polanya menyerupai motif batik.
  3. Arwana hitam
    Pada waktu kecil ikan arwana jenis ini sisinya hitam semua. Namun setelah dewasa muncul warna yang lain, yaitu kuning di sela-sela sisiknya itu. Dan warna gelapnya bisa berubah menjadi transparan. Sangat kontras namun indah.
  4. Arwana merah
    Kebanyakan hidup di pedalaman Kalimantan. Ketika masih kecil hanya di beberapa bagian tubuhnya saja yang memunculkan warna merah. Namun bila sudah dewasa, semua bagia tubuhnya bisa menjadi merah, kecuali bagian kepalanya yang kuning seperti matahari terbit di pagi hari.
Selain itu, masih ada jenis jenis ikan arwana yang lain yang merupakan varian dari arwana yang disebut di atas.


Perawatan Ikan Arwana

Bila ingin memelihara ikan arwana, maka yang perlu mendapat perhatian pertama kali adalah tempatnya (akuarium) dan segala macam peralatannya. Akuarium yang digunakan harus luas dan besar. Karena semua jenis jenis ikan arwana itu selain ukurannya yang besar, juga suka bergerak. Sebaiknya dalam satu akuarium hanya di taruh satu ikan arwana saja, agar tidak saling serang.
Selain itu suhu di air harus selalu dijaga, agar temperaturnya tidak berubah-ubah. Ikan arwana adalah termasuk ikan yang tidak mudah melakukan adaptasi terhadap perubahan suhu air. Dan agar arwana bisa merasa nyaman, airnya juga harus sering diganti. Karena bila terlalu kotor, ikan ini juga mudah stress dan terkena penyakit.
Kemudian untuk pakannya, ikan arwana suka sekali memakan binatang-binatang kecil, seperta cicak, katak kecil, udang, kecoa dan lain-lain. Ada baiknya sebelum dikasihkan, binatang tersebut kita cek dulu apakah pada bagian tubuhnya ada yang tajam atau tidak. Tujuannya agar mulut ikan arwana tidak terluka.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar